-->
Loading...

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Bawang merah yang selama ini dikenal hanya sebagai bumbu dapur, ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satu manfaat bawang merah bagi kesehatan yang telah teruji oleh pakar adalah kandungan didalamnya yang bisa menjadi sumber antioksidan, sebagai zat pelawan aktivitas radikal bebas dalam tubuh kita.

Selain itu, dalam bawang merah juga terkandung banyak nutrisi serta berbagai zat yang rendah kalori, sehingga kehadirannya mambu menjadi sumber vitamin dan kekebalan tubuh. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan, secangkir bawang merang yang dihaluskan terdapat 64 kandungan kalori, 0 gram kolesterol, 0 gram lemak, 14 gram karbohidrat, 3 gram serat, 2, gram protein, 7 gram gula, vitamin B-6, vitamin C, zat besi, kalsium, magnesium, kalium antioksidan quertin, fosfor, sulfur, serta asam folat.

Dengan kandungan yang terdapat dalam bawang merah, bukan tak mungkin jika bumbu dapur ini mampu jadi obat pencegahan dari berbagai macam penyakit. Berikut ini 5 manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh dan pencegahan penyakit.

1. Mencegah Kanker Prostat
Sebuah penelitian dilakukan oleh beberapa ahli dari Journal of National Cancer Institute pada suatu populasi. Penelitian itu difokuskan pada asupan allium sayuran serta perkembangan kanker prostat. Dalam kegiatan yang dilakukan para ahli tersebut terungkap jika seorang laki-laki yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi bawang merah dalam rasio jumlah yang tinggi, memiliki kecenderungan kebal terhadap resiko kanker prostat. Hebat, bukan !

2. Pencegahan Penyakit Esofagus & Kanker Perut
Asupan allium yang ada pada bawang merah juga terbukti akan menghambat perkembangan tumor akibat kanker, bahkan melenyapkannya. Survey tersebut telah dilakukan oleh para ahli dengan hewan sebagai objek percobaan.

3. Bawang Merah Mencegah Kanker Lambung
Masih seputar Kanker, kandungan organosukfur yang mengalir dalam bawang merah juga bermanfaat untuk menghambat laju pertumbuhan kanker lambung hingga kanker kolorektal. Ditambah lagi dengan adanya vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan yang akan menambah kekebalan tubuh anda hingga terhindar dari penyebab-penyebab timbulnya kanker.

4. Bawang Merah Baik untuk Jantung
Anda penderita penyakit jantung ? alangkah baiknya jika kita anda mengkonsumsi bawang merah dengan insentitas yang tingga lagi teratur. Kandungan sulfide methylallyl juga asam amino sukruf pada bumbu dapur ini terbukti baik untuk penurun kolesterol jahat, dan menggantikannya dengan kolesterol baik, membantu terbukanya saluran arteri yang tersumbat dan mengontrol tekanan darah, sehingga jantung andapun terjaga kesehatannya.

5. Menjaga Kesehatan Bayi
Perubahan cuaca yang tak menentu tentu juga akan menjadi penyebab banyaknya penyakit yang akan menyerang keluarga anda, tak terkecuali  si buah hati. Bawang merah bisa membantu masalah tersebut. jangan khawatir jika anak anda kembung, cukup oleskan bawang merah dicampur dengan minyak ke perut si bayi. Untuk mengobati batuk anak pun juga bisa, cara pemakaiannya pun sama, hanya untuk batuk oleskan pada punggung si anak.


Nah, itulah tadi beberapa manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh anda. Namun, sebelum mengkonsumsi bawang merah, lebih baik kenali dulu tubuh anada, apakah anda penderita alergi bawang merah. Jika, iya lebih baik hindari saja.

0 Response to "Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel